Jumat, 30 November 2018


SINOPSIS NOVEL QUANTUM LEAP
KARYA BIMO S. & GERRY NIMPUNO
Judul               : Quantum Leap
Penulis             : Bimo S. & Gerry Nimpuno
Penerbit           : Quills Book Publisher
Tahun Terbit    : Agustus 2008 Cetakan Pertama
Tebal Buku      : 271 halaman
Genre              : Romantis,Alien,Petualangan
Harga              : Rp. 20.000
ISBN               : 979 - 339 - 005 - 0
           
        
           Novel yang berjudul Quantum Leap ini menceritakan tentang seorang arkeolog cantik bernama Dinda. Dinda menceritakan pengalamannya selama menghilang 18 tahun kepada teman – temannya yang bernama Putih dan Dimas. Cerita bermulai dari diajaknya ia untuk membuat tulisan situs perbakala di Solo,ia diajak oleh Gangga dan Intan yang tergabung juga dengan tim National Geographic yang dipimpin oleh Dr.Kenneth Walsh dan asistennya Jane Cartwright.
            Saat sedang melakukan saat mereka melakukan penelitian,Dinda menemukan pahatan yang mirip seperti dengan gambar yang pernah dikirim NASA dan SETI untuk berkomunikasi dengan mahkluk cerdas luar angkasa.Karena Dinda berbeda dari timnya,ia pun mengutuskan untuk pergi.Saat Dinda melewati sungai ada sedikit rasa penyesalan dalam dirinya yang membuatnya sedikit sedih.Ketika Dinda semakin jauh dari tempat penelitian,terdengar suara gemuruh,ternyata ada banjir bandang yang datang.
            Dindapun hanyut ke goa dang tersngkut bebatuan dengan beberapa luka di sekujur tubuhnya. Saat merasa dirinya akan mati, tiba – tiba ada dua makhluk tinggi dan berbaju putih di depan goa. Dinda meminta tolong dan akhirnya salah satu dari mahkluk itu menghampirinya dan menggendongnya.Dinda melihat makhluk ini tidak memiliki alis dan juga rambut,tetapi Dinda merasa sangat tenang dan nyaman saat di gendong makhluk tersebut.
            Ketika Dinda membuka matanya,ternyata ia sudah berasa di ruang rawat dan perawatnya berbicara menggunakan bahasa jerman. Seorang dokter bernama Eder menghampirinya, dan bisa bebicara bahasa inggris.Dokter itu bilang Dinda berada di rumah sakit Karl Muller di Austria.Dokter itupun berkata bahwa Dinda ditemukan oleh Baron Fritz Von Herber di ladang anggurnya,tentu Dinda merasa bingung dengan perkataan dokter Eder. Karena ia ingat terakhir ia berada di Jawa Tengah. Dr.Eder berkata Dinda terkena gegar otak ringan.
Sehari – hari Dinda selalu dijenguk oleh beberapa orang penting salah satunya dua orang kedutaan Indonesia, Pak Hartono dan Kolonel Sutrisna. Ia dijenguk oleh Inspektur Wolfgang serta Baron.Setiap hari ia juga mendapakat physiotherapy yang sangat menyakitkan.
            Saat Dinda menonton TV ia pun bertanya pada perawat tentang tanggal dan tahun. Ternyata saat itu tanggalnya adalah 6 april 2007,Dinda sangat terkejut dengan jawaban perawat karena ia hanya ingat bahwa saat dia terkena bencana itu pada  tanggal 10 mei 1989. Ia pun berteriak seperti orang gila karena tidak percaya jawaban dari sang perawat.Dinda di beri obat penenang oleh perawat.
            Secara terpisah Inspektur Wolfgang melakukan rapat, Membahas kasus Dinda.Pihak polisi Austria dan polisi Indonesia bekerja sama dalam hal ini. Ternyata memang benar ada berita ada arkeolog dan seorang penduduk lokal hilang pada tanggal 10 mei 1989 di sekitaran Gunung Lawu.Pak hartono juga Menghubungi National Geographic ,Dr. Walsh di Virginia.Dr.Walsh pun membenarkan bahwa ia mengenal Dinda dan menyatakan hilang saat tugas.Dr. Walsh pun segera datang ke Austria dan akan menjenguk Dinda.
            Sampailah pada hari Hypnotherapy, dimana ingatan Dinda akan bisa mengingat kejadian waktu itu. Dinda dipindahkan keruangan berkaca cermin dan dibelakangnya terdapat auditorium yang berisi orang – orang penting.Dokter Claudius adalah orang yang akan melakukan hypnotherapy pada Dinda.Dr. Claudius ternyata mampu berbahasa Indonesia.
            Dalam hypnotherapy diketahui bahwa mahkluk yang membawanya pada waktu itu adalah Alien.Dinda di bawa ke basis mereka di Samudera Hindia.Dinda dirawat beberapa hari oleh mereka. Zeth,Meth, dan Tieda adalah Alien yang merawat Dinda dan mereka dimpin oleh Alpha,sebuah komputer pintar.Karena suatu alasan Dinda ingin dibunuh oleh Alpha,tau akan hal itu Tieda membawa lari Dinda dari basis mereka.
            Dinda dikembalikan Tieda di tempat ia diketemukan,Tieda mengantarkan Dinda sampai pinggir desa.Dan Dinda meminta Tieda untuk membunyikan klakson tiga kali saat melewati Pondok Indah,Jakarta. Saat Dinda ditolong oleh penduduk desa,ternyata Tieda tertangkap oleh penduduk desa lainnya. Dinda pun membantu Tieda untuk keluar dari desa,karena Tieda terluka parah. Saat itu Tieda juga memberitahu alat semacam senter yang bisa membuat hologram Tieda. Dinda pun menyuruh Tieda untuk pergi ke Wamena dengan pesawat alien Tieda yang sangat cepat. Disana Dinda meminta kepala desa suku dhani untuk melakukan ritual pengobatan untuk kesembuhan Tieda.Dinda memang mengenal kepala suku dhani.
            Dinda juga meminta kepala suku dhani untuk menikahkan Tieda dan Dinda.Ternyata Dinda mencintai Tieda dari pertemuan pertama di goa. Kepala suku pun menyetujui permintaan Dinda tersebut.Karna Tieda belum sembuh betul, kepala suku bilang kepada dinda bahwa ada sejenis daun yang dapat mengobati Tieda,yang berada di gunung berwarna putih di barat.
            Dinda dan Tieda pun pergi mencari daun itu,menggunakan pesawat Tieda. Karna Tieda sudah tidak bisa menjalankan pesawatnya maka Tieda menekan tombol auto pilot yang membawa mereka ke tempat yang tidak diketahui itu. Tieda berpesan jangan pernah memencet tombol warna merah apapun yang terjadi.

            Belum sampai tempat yang dituju di tengah perjalan pesawat itu menghadapi badai yang sangat besar. Karena keadaan sudah sangat tidak terkendali Dinda pun memencet tombol merah.Tiba – tiba suasana berubah menjadi sangat tenang dan nyaman,dan Tieda pun normal seperti biasa. Saat Tieda bangun ia berkata bahwa tombol merah itu akan membawa apa yang ada didalam pesawat ini ke dunia yang maya. Tieda mencari jalan keluar dari dunia maya ini untuk Dinda sang istri.Karna Tieda tau ia sudah mati saat sebelum memasuki badai.Saat Dinda keluar dari dunia maya,tiba – tiba pesawat menukik tajam mengarah ke bawah.
            Dan itu adalah cerita mengapa Dinda bisa sampai ke Austria. Tapi yang menarik saat investigasi adalah tidak ditemukan sama sekali pesawat alien. Polisi hanya mendapat Senter yang di berikan Tieda kepada Dinda sebagai maskawin,sayangnya senter itu tidak bisa dibawa pulang dinda.Dr. menunjukan isi dari hologram tersebut ke Dinda, yang ternyata berisi pesan terakhir Tieda.Setelah semua selesai Dinda boleh kembali pulang ke Indonesia di temani Pak Hartono.Akhirnya Dinda pun bisa hidup layaknya orang biasa.

            Saat berkumpul dengan sahabat – sahabatnya ia bertemu dengan teman lamanya Denny yang ternyata menyukai Dinda. Tiba – tiba suatu hari Dinda mengalami mual,pembantunya pun membawa dinda ke rumah sakit. Ternyata Dinda positif hamil,Dinda menceritakan kehamilannya kepada Putih dengan senang. Tapi Dinda hanya mengandung anak ini dalam waktu tujuh bulan tanpa ada kecacatan apapun,dan tanpa ada yang aneh dari wajahnya.



            Anak ini diberi nama Teddy,Teddy adalah anak yang sangat pintar bahkan ia bisa melakukan telekinesis. Saat Dinda kembali bertemu dengan Denny,Akhirnya Dinda menerima Denny sebagai suaminya dan Denny pun juga mau merawat anak alien itu.Beberapa waktu setelah mereka menikah Dinda mengandung anak dari Denny.
            Suatu hari Pak hartono datang ke rumah Dinda dan memberi undangan yang berisikan bahwa Dinda diundang oleh badan nobel prize di Swedia dan mendapatkan penghargaan nobel perdamaian.Ternyata rahasia Dinda telah diungkap oleh kelompok Dr. Walsh demi perdamaian dunia.
            Sebulan kemudian Dinda dan keluarganya serta beberapa teman – temannya berangkat ke Swedia untuk merima nobel tersebut.Ternyata Baron Fritz Von Herber datang ke acana itu untuk mengucapkan selamat kepada Dinda. Saat Dinda berpidato ia selalu mengingat pesan suaminya tentang perdamaian. Tiba – tiba Dr.Wlash naik keatas panggung dan menunjukan pesan terakhir Tieda.
            Mereka tiba di rumah pada malah hari,saat Dinda menengok langit ia melihat sebuah cahaya dan saat cahaya itu berlalu di atasnya, Dinda mendengar suara klakson tiga kali.Kemudian Dinda masuk Ke rumah untuk bersatu dalam cinta dan kedamaian bersama keluarganya.
           
           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar