Senin, 06 Mei 2019

RESENSI NOVEL QUANTUM LEAP KARYA BIMO S. & GERRY NIMPUNO



RESENSI NOVEL QUANTUM LEAP
KARYA BIMO S. & GERRY NIMPUNO
Judul               : Quantum Leap
Penulis             : Bimo S. & Gerry Nimpuno
Penerbit           : Quills Book Publisher
Tahun Terbit    : Agustus 2008 Cetakan Pertama
Tebal Buku      : 271 halaman
Genre              : Romantis,Alien,Petualangan
Harga              : Rp. 20.000
ISBN               : 979 - 339 - 005 – 0

            Novel yang berjudul Quantum Leap ini menceritakan tentang seorang arkeolog cantik bernama Dinda. Dinda menceritakan pengalamannya selama menghilang 18 tahun kepada teman – temannya yang bernama Putih dan Dimas. Cerita bermulai dari diajaknya ia untuk membuat tulisan situs perbakala di Solo,ia diajak oleh Gangga dan Intan yang tergabung juga dengan tim National Geographic yang dipimpin oleh Dr.Kenneth Walsh dan asistennya Jane Cartwright.
            Dinda melalui banyak tantangan smapi bertemu dengan alien dan menikahinya dalam pelarian dari markas alien. Sampai Dinda ditemukan seorang petani anggur di negara Austria.Percintaan Dinda dan Tieda terkuak melalui sesi hypnotherapy dimana Tieda meninggalkan pesan – pesan penting untuk manusia melalui jejak yang ditinggalkannya di tengah perkebunan.”Dan biarkanlah cinta berbicara, karena hanya cinta yang bisa menerang segala kebencian dan perbedaan yang ada di dunia ini”.
            Cinta Dinda dengan Tieda menjadi teladan bagi manusia bahwa cinta tidak memandang perbedaan antar sesama, antar spesies, antar bintang ataupun antar galaksi.Cintailah mereka maka engkau pun akan dicintai, hidup damai, dan jauh dari kehancuran.
            Tema alien membuat para pembaca berimajinasi lebih tinggi dan berbeda dari biasanya karena alien belum tentu diketahui keberadaannya. Cerita yang menegangkan serta sarat dapat menjadi pelajaran di kehidupan sehari – hari. Penulis novel ingin membawa pembaca keluar dari pikirannya yang biasa mengenai alien yang teknologinya lebih maju dari manusia. Kisah cinta antara manusia dan alien pun mengajarkan kita bahwa cinta tidak memandang latar belakang masing – masing dari kita.
Kekurangan dari novel ini adalah alurnya yang mundur sehingga pembaca harus membaca lebih teliti agar mengetahui ini dari novel ini. Bahasa yang digunakan dalam novel ini tidak pantas bagi para pembaca. Novel ini juga kurang berkenan karena selain bahasa cerita novel ini pun berkisah tentang percintaan yang tidak patut dibaca anak dibawah umur.
Novel ini pantas dibaca untuk remaja sampai orang tua. Seharusnya novel ini dikurangi bagian yang tidak perlu ada agar pembaca bisa membaca cerita dengan runtut dan jelas. Bahasa juga harus diperhatikan oleh penulis agar tidak memberikan efek negatif terhadap pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar